Selasa, 31 Mei 2011

Ritual Warga Kabuyutan Garut

Jika kemarin Tim Terekam Kamera mengangkat cerita tentang Kabuyutan Ciburuy, kali ini Majalah Online mencoba menyambung artikel tempo lalu, Tim Terekam Kamera akan mengangkat cerita tentang ritual ritual yang di lakukan warga Kabuyutan Ciburuy … seperti apa ?? mari jelajahi Dunia Misteri Bersama Tim Terekam Kamera

Ritual Warga Kabuyutan Ciburuy
Kabuyutan Ciburuy meninggalkan tapak sejarah masa silam. Terbukti dengan adanya naskah dari lontar dan nipah, serta benda-benda kuno yang tersimpan di sana. Masyarakat
Ciburuy betul-betul mengeramatkan tempat ini. Mereka yakin adanya karomah leluhur yang menyelimuti. Tak heran bila setiap Muharam, kerap digelar ritual ada yang menyedot banyak pengunjung.
Seperti dituturkan kuncen Kabuyutan Ciburuy, Nana Suryana kepada penulis, Kabuyutan Ciburuy itu merupakan tempat istirahat Prabu Siliwangi. Sebagai bukti, di kompleks ini terdapat benda-benda peninggalan raja. Antara lain benda-benda pusaka keris, kujang, golok kuno, trisula, tombak, dan lain-lain serta seperangkat gamelan atau alat kesenian yang disebut goong renteng.

Patilasan Kean Santang
Salah satu daya tarik Kabuyutan Ciburuy adalah terdapatnya patilasan Prabu Kean Santang, putra Raja Pajajaran Prabu Siliwangi. Bentuknya berupa lempengan batu yang luasnya kurang lebih 2 X 1 meter yang menghampar tak jauh dari bangunan utama kabuyutan atau rumah padalaman. Menurut Nana Suryana, batu hampar itu merupakan tempat Prabu Kean Santang melakukan salat, persisnya ketika mengejar ayahnya di sana.
Tokoh masyarakat Cimaung Banjaran, Kabupaten Bandung, Aki Adju, menceritakan bila Prabu Siliwangi bukan melarikan diri karena kejaran Prabu Kean Santang. Melainkan menghindari Raden Kean Santang yang ingin mengislamkannya. “Untuk menghindari bentrok fisik dengan putra kesayangannya itu, maka Prabu Siliwangi mengalah dan memilih menghindar,” ungkapnya.
Salah satu tempat menghindar tersebut adalah Kabuyutan Ciburuy. Ketika itu, Prabu Kean Santang tidak mendapati ayahnya.  Lantas ia melakukan salat di atas batu hamper itu. Usai salat, terdengar suara Prabu Siliwangi tanpa wujud. Ia menyatakan bahwa sebenarnya sang ayah telah memeluk Islam. Tapi bila harus dikhinat (disunat) oleh anaknya sendiri, hal itu pamali (tabu). “Sampai sekarang Prabu Siliwangi tidak diketahui keberadaannya. Kabarnya ia menghilang di hutan Sancang, Garut Selatan,” beber Aki Adju.

Upacara Seba
Pada setiap bulan Muharam, masyarakat Ciburuy yang terletak di lereng gunung Cikuray ini rutin melaksanakan ritual adat. Hal itu sebagai tanda penghargaan kepada para leluhur, sekaligus upaya melestarikan budayanya. Ritual adat itu dinamakan upacara Seba. Yakni upacara mengeluarkan dan membersihkan benda-benda pusaka yang ada di dalam Kabuyutan Ciburuy.

Bagi masyarakat setempat, membuka dan mengeluarkan benda-benda pusaka dari tempatnya bukan pekerjaan sembarangan. Melainkan harus dilakukan pada waktu tertentu, sebegaimana selalu dipraktekkan para leluhurnya. Upacara Seba sendiri mengambil waktu hari Rabu terakhir di bulan Muharam. Atau bulan pertama pada hitungan tahun hijriah. Rangkaian upacara Seba antara lain melakukan pembersihan rumah adat, sebelum hari “H” berlangsung.
Seba adalah upacara membersihkan benda-benda pusaka sebagai tanda hormat kepada leluhur. Dalam upacara ini selalu dihidangkan sajian-sajian penganan yang bahannya berasal dari ketan. Pengadaan bahan-bahan upacara berasal dari swadaya masyarakat setempat secara gotong royong.
Setiap upacara Seba dilaksanakan, masyarakat selalu antusias mengikuti. Mereka tumpah ruah mendatangi kabuyutan Ciburuy untuk mendapatkan berkah dari ritual itu. Mereka bukan saja berasal dari lingkungan setempat, tapi banyak pula yang datang dari daerah-daerah lain. Upacara Seba sendiri dimulai pukul sembilan malam, hingga tengah malam.
Saat upacara Seba berlangsung, kuncen Kabuyutan Ciburuy selalu mengeluarkan mantra-mantra. Konon, saat mengucapkan itu, sang kuncen diyakini tengah dirasuki arwah leluhur. Mantra-mantra itulah yang selalu dinantikan oleh para pengunjung, karena merupakan ramalan kehidupan di masa yang akan datang. Dengan mendengar mantra-mantra itu, dipercaya seseorang akan mendapat keberkahan.
Selain itu, ada waktu-waktu tertentu yang merupakan larangan bagi siapa saja untuk berziarah ke Kabuyutan Ciburuy. Antara lain pada hari Selasa dan Jumat. Menurut Nana Suryana, kuncen generasi ke-48, pada masa lalu, setiap hari Selasa dan Jumat merupakan hari di mana para leluhur melakukan kegiatan suci. Boleh dikata, hari itu merupakan hari tenang, sehingga tidak boleh ada keributan dan aktivitas yang mengganggu.
Semoga apa yang Majalah Online tulis bisa menambah wawasan kita tentang sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia… (ozr)

6 komentar:

HJ irma mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi,
barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan,
Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut
dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hampir bunuh diri,
tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet,
dan saya bertemu dengan PAK SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir,
saya akhirnya bergabung dan menghubungi PAK SOLEH PATI.
kata PAK SOLEH PATI pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirulbiasanya klo dari bri ke bank lain biasa clearing...trus penerbangan tidak bisa di tundalahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi PAK SOLEH PATI di 0852 1905 3025 agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi PAK SOLEH PATI pasti akan di bantu

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar...

Komunikasi mengatakan...

Klo logika sya cari uang ya kerja.. rizki udh do atur sm.Allah

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Ajak mengatakan...

Yg mau pesugihan putih atau hitam saya menjalankan sendiri dan terbukti hasil nya yang mau berhasil sama kaya saya silah kan bisa menghubungi langsung 082120628073

adaaje mengatakan...

Assalammualaikum saya sebagai orang yang pernah ngantar orang yang ngambil pesugihan sebenarnya pesugihan itu ada dan saya liat dengan kepala saya sendiri.
Cuman jujur saya orangnya penakut hehehe,yang saya tahu pesugihan itu gak bisa namanya di wakilkan sama kuncen harus kita yang ritualnya dan siap apa yg di pintanya bila mana ada yang mau pesugihan,insyaallah saya antar asal udah siap semuanya bilamana ada yang mau sering tentang pesugihan ini no tlp saya 083160178510

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates